Rabu, 17 Desember 2008

TEORI UTILITARIANISME

Utilitas adalah keuntungan yang diperolah dari suatu tindakan sedangkan utilitarianisme digunakan untuk semua teori yang mendukung pemilihan tindakan atau kebijakan yang memaksimalkan keuntungan dengan menekan biaya.

Utilitatianisme adalah suatu pandangan yang menyatakan bahwa tindakan atau kebijakan harus dievaluasi berdasarkan keuntungan dan biaya yang dibebankan pada masyarakat.

Utilitarianisme merupakan salah satu konsep pertimbangan moral dan termasuk ke dalam salah satu jenis standar moral.
Standar moral utilitarian adalah sebuah prinsip moral yang mengklaim bahwa sesuatu dianggap benar apabila mampu menekan biaya sosial dan memberikan keuntungan sosial yang lebih besar.

Salah satu cara terbaik dalam mengevaluasi kelayakan suatu keputusan bisnis yaitu dengan mengandalkan analisa biaya (cost) dan manfaat (benefit). Tindakan bisnis yang secara sosial bertanggung jawab adalah tindakan yang mampu memberikan keuntungan yang paling besar atau biaya paling kecil bagi semua anggota masyarakat.

Jeremy Bentham (1748-1832) adalah pendiri utilitarianisme tradisional. Menurut Bentham, dasar objektif dalam membuat keputusan yang mampu memberikan norma yang dapat diterima publik dalam menetapkan kebijakan dan peraturan sosial adalah dengan melihat pada berbagai kebijakan yang dapat diterapkan dan membandingkan keuntungan serta konsekuensi-konsekuensinya. Secara singkat, prinsip utilitarian menyatakan bahwa :
Suatu tindakan dianggap benar dari sudut pandang etis jika dan hanya jika jumlah total utilitas yang dihasilkan dari tindakan tersebut lebih besar dari jumlah utilitas total yang dihasilkan oleh tindakan lain yang dapat dilakukan.

Tidak ada komentar: